Kapolres Karawang Tinjau Langsung Sentra Pelayanan Kepolisian, Ada Apa Ya?
Jendela Jurnalis, Karawang –
Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, SH, SIK, MH, meninjau langsung pelayanan SPKT, SKCK dan pelayanan pada Satlantas, Selasa (22/11/22). Hal ini dilakukan Kapolres, sebagai salah satu bentuk tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pengawasan kepada Personil, yang bertugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Dalam Giat tersebut, Kapolres didampingi Kabag Ops, Kabag SDM, Kasat Lantas, Kasiwas dan Paur Humas. Kapolres meninjau setiap ruangan yang dipergunakan sebagai pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM, sekaligus ingin memastikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan SIM berjalan lancar dan maksimal.
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres melakukan interaksi kepada pemohon SIM maupun SKCK, dengan humanis Kapolres menyapa salah satu pemohon SKCK, sekaligus menanyakan apakah ada kendala dalam proses pelayanan di Polres Karawang. Pelaksanaan pengawasan terhadap Sentra Pelayanan Kepolisian ini, sejalan dengan Instruksi Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Personil Polri, untuk melaksanakan Program Quick Wins Presisi, dengan implementasi perbaikan interaksi Polisi dengan masyarakat, penerapan budaya integritas dan anti korupsi, dalam rangka menghilangkan budaya Pungli, gratifikasi, transaksional dalam pelayanan publik.
“Giat ini bertujuan untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan lancar dan sesuai prosedur, sehingga masyarakat yang datang hendak Membuat SIM, SKCK dan mengambil sidik jari, dapat dilayani dengan maksimal,” ungkap Kapolres.
Dengan pengecekan ini juga, Kapolres dapat mengetahui secara langsung Sikon dan kesiapan Personil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia menekankan kepada para Personil, agar pelayanan kepada masyarakat selalu diutamakan, melayani masyarakat dengan 3S (Senyum, Sapa, Salam) untuk mewujudkan Polri yang humanis dan dekat dengan Masyarakat.
“Karena tugas pokok Polri adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan tulus dan ikhlas,” tuturnya.
Dengan memastikan Pelayanan Kepolisian berjalan dengan baik kepada masyarakat, serta mengecek kelayakan fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk melayani masyarakat. Hal itu juga telah dituangkan dalam konsep transformasi menuju Polri yang Presisi, pada bidang transformasi pelayanan publik. (HAP)